• Samson Indonesia Boiler

Mengoptimalkan Efesiensi Steam Boiler : Economizer (Fungsi dan Kegunaan)

Saat menggunakan boiler pasti banyak yang berpikir apakah ada cara untuk mengoptimalkan boiler dan meningkatan efesiensi dari boiler tersebut? Kami memberi solusi dengan menawarkan alat-alat yang dapat mengoptimalkan efesiensi. Salah satu alat tersebut adalah economizer.





Economizer adalah alat yang di gunakan untuk meningkatkan effesiensi boiler dengan menggunakan kembali energi panas yang ada pada gas buang pembakaran. Pada boiler terjadi proses pembakaran entah menggunakan solar, gas ataupun padat. Setiap pembakaran ini membentuk asap buang yang memiliki energi panas. Walaupun tidak banyak asap buang dari boiler ini masih mengandung sedikit energi. Energi ini masih dapat di gunakan untuk meningkatkan efesiensi steam boiler ini. Di sinilah peran economizer.


Economizer menggunakan gas buang dari steam boiler yang di gunakan untuk memanaskan air kembali. Air yang di panaskan ini memang tidak mungkin menjadi uap namun bisa menjadi air panas yang dapat di kembalikan ke dalam boiler. Karena air sudah panas sehingga proses pemanasan lanjut dari steam boiler tidak terlalu banyak sehingga penggunaan energi berkurang mengirit bahan bakar.


Prinsip dari economizer ini menggunakan prinsip heat exchanger di mana, asap adalah fluida panas mentransfer energi panas ke air dingin. Menghangatkan air tersebut.


Pada bahan bakar solid atau padat economizer di gunakan juga agar tidak merusak fan draft Induced (blower hisap) Karena gas buang terkadang masih sangat panas, bisa merusak Fan Draft Induced sehingga energi panas dari asap buang pun di turunkan dengan economizer sehingga menjaga fan draft induced


Samson Indonesia Boiler telah berpengalaman di bidang boiler. Kami juga menyediakan economizer sesuai permintaan dari anda.


Mau tau prodak prodak kami? Langsung tanyakan saja ke


08170760077 (Joseph Kristoni S.T., B.Eng)

0817775377 (Ir Yacob Sulianto)


atau email kami ke sib.boiler@gmail.com


atau langsung saja buka website kami sekarang

3 views0 comments