• Samson Indonesia Boiler

STEAM BOILER PENJELASAN, APLIKASI, KEUNTUNGAN & KERUGIAN (BAGIAN 1)

Updated: Jun 12, 2020

Steam Boiler adalah mesin yang di gunakan untuk menghasilkan uap air dengan dipanaskan. Uap air yang dihasilkan ini digunakan sebagai medium penghantar panas. Panas dari uap air ini yang akan digunakan untuk sistem produksi.


Angka kapasitas steam boiler bergantung dengan berapa banyak jumlah uap air yang dihasilkan. ini bisa dari 50Kg/jam hingga mencapai 20Ton/jam lebih. Jadi jika boiler memiliki kapasitas 500 Kg/jam, berarti uap air yang di hasilkan adalah kurang lebih 500 Kg setiap jam nya.


Banyak sekali keuntungan dari penggunaan boiler, namun sebaiknya kita belajar mengenai cara kerja steam boiler.


Bagaimana cara kerja Steam Boiler?


Karena proses steam boiler lumayan panjang, penjelasan di bagi menjadi tiga bagian. Tiga bagian ini adalah proses yang penting agar steam boiler bisa berjalan.


1. Feed Water System

Feed water adalah air yang masuk ke boiler dan yang akan dipanaskan. Feedwater nanti akan menguap setelah setelah melewati titik didihnya. Proses ini menyambung sumber air ke boiler dengan pompa feedwater. Air ini akan melewati beberap proses pembersihan air bernama water treatment.

Ada 2 sumber air, yaitu sumber external dan sirkulasi. Sumber external mengambil feedwater dengan mengumpulkan air hujan, sungai, danau dan lainnya.


Sumber sirkulasi adalah sumber air yang di ambil dari sirkulasi steam yang telah kondensasi. Setelah di gunakan uap air yang sirkulasi akan berkurang energi panasnya, menyebabkan kondesasi kembalinya uap menjadi air. air ini memiliki energi panas sisa yang dapat digunakan lagi agar tidak membuang energi. Jadi air hasil kondensasi akan di masukan kembali ke steam boiler. Steam bisa di kondensasi dengan alat bernama kondensator.


Sumber air perlu untuk di lakukan deminerlisasi dan purifikasi (water treatment*) dengan mechanical (deaerator) dan kimia (water softener). Ini sangat penting untuk menjaga daya tahan steam boiler.

*Pentingnya water treatment (dan seberapa krusial jika tidak di lakukan)

Perlu pembahasan singkat mengenai ini dilihat masih banyak pabrik yang mengabaikan water treatment. Steam boiler mempunya masa hidup yang cukup lama, namun umur dari steam boiler tidak bisa bertahan lama tanpa adanya masukan air yang sangat bersih. Air bersih ini hanya bisa di dapat melalui water treatment. Tanpa adanya water treatment mineral air yang belum di bersihkan dapat menggerogoti badan steam boiler menyebabkan karat. Bukan saja ini bisa mengurangi efisiensi boiler, namun bisa berbahaya bila badan steam boiler yang tidak terawat itu meledak.

2. Steam System

Di sini akan di bahas proses bagaimana air menguap hingga di kirim ke sistem produksi.


Feedwater di simpan di steam boiler. burner (gas/solar) atau Tungku (Batubara/biomass) menghasilkan energi panas. Energi panas ini di kirim ke air meningkatkan suhu air hingga mencapai titik didihnya dan menguap. Proses pemanasan ini di bantu dengan tekanan, sehingga mempercepat proses penguapan. Proses ini juga di kontrol dengan sensor dan elektrik, mengontrol jumlah keluarnya uap, suhu, dan tekanan dari steam boiler.


Setelah itu uap langsung di kirim ke sistem produksi melalui pipa dan valve spesial untuk uap yang bertekanan. Sebenarnya banyak hal lagi yang perlu di pelajari mengenai proses dan hitungan untuk steam boiler, namun sebaiknya pelajaran untuk lain waktu.


3. Fuel System

Bagian ini adalah bagian yang mengontrol masuknya bahan bakar untuk burner atau tungku. Ada 4 jenis bahan bakar yang biasa di gunakan.


1. Solar

2. Gas

3. Dual (Solar & Gas)

4. Batu bara / Biomass


Setalah proses pembakaran tersebut akan menghasilkan asap pembakaran yang nanti nya akan di buang melalui cerobong asap. Untuk batu bara/biomass biasa di lakukan proses untuk purifikasi asap agar tidak merusak lingkungan.


Asap pembakaran tersebut masih mengandung energi panas dari sisa pembakaran. Sisa energi panas ini bisa di jadikan preheat untuk feedwater agar air sudah panas ketika masuk. Hal ini bisa dilakukan dengan alat bernama economizer


KENAPA STEAM BOILER?


Uap air mengandung energi lebih banyak untuk setiap kilonya di banding air.

  • Air saat 100 degree Celsius & tekanan 1 bar memilki energi sekitar 294 kJ/kg

  • Oli saat 150 degree Celsius memilki energi sekitar 276 kJ/kg

  • dan uap mengandung 2550.4 KJ/kg saat 100 degree Celsius dan 1 bar

2. Steam boiler menggunakan tekanan, sehingga tidak di butuhkan pompa untuk mengirim uap ke proses. uap di angkut dengan perbedaan tekanan dari boiler dan sistem.

3. Dapat mencapai temperatur yang tinggi dalam waktu singkat karena di panaskan dengan bantuan tekanan.

4. Tidak berbahaya untuk proses makanan dan minuman karena menggunakan air bersih.

5. Air sendiri adalah medium yang murah.


BEBERAPA YANG PERLU DI PERHATIKAN:

  1. Maintenance yang buruk bisa berbahaya, mengingat adanya proses tekanan.

  2. Membutuhkan biaya operational yang lebih besar. Biaya operational ini termasuk water treatment, maintenance, pekerja, dan lainnya.

  3. Membutuhkan sertifikat untuk menjalankan steam boiler dari pemerintah karena steam boiler bisa berbahaya.

  4. Tanpa water treatment bisa menyebabkan korosi di dalam steam boiler.


APLIKASI/KEGUNAAN

1. Rumah sakit/Pharmaceuticals

  • Sterilisasi

  • Autoclaves

  • Humidification

2. Proses makanan

  • Bakeries

  • Jacketed vessels

  • Dairies

  • Breweries

3. Laundry & Dry cleaning

4. Jacketed kettles

5. Steam Tunnels

6. Bottling

7. Building heat

8. Power Plant (Turbin)


Ini adalah bagian 1 dari 4 bagian dimana steam boiler, hot water boiler, dan thermal oil heater di bandingkan dan mana yang kalian butuhkan. cek part 2 untuk membahas hot water boiler klik di sini.

12 views0 comments